1:52 pm - Tuesday September 22, 2020

60 Persen Anggota Pertuni Aceh Mampu Baca Al Quran

Ketua DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Provinsi Aceh, Zuhdi AR mengatakan, sekitar 60 persen dari 1.013 anggota Pertuni di seluruh Aceh telah mampu membaca Al Quran dengan bantuan Al Quran Braille. Sementara sisanya belum mampu membaca dengan baik dan benar, karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap peningkatan kualitas tunanetra tersebut.

Hal itu dikatakan Zuhdi AR saat penutupan pelatihan tulis baca Arab Braille bagi 20 tunanetra Aceh Besar dan Kota Banda Aceh, Sabtu (24/11/2012). Pelatihan selama empat hari itu digelar DPD Pertuni Aceh melalui bantuan Wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf.

Ia mengharapkan perhatian pemerintah agar pelatihan yang sama bisa dilakukan untuk seluruh tunanetra di Aceh. Sehingga tunanetra daerah ini mampu menulis, membaca , memahami dan menghafal serta mengakses isi kandungan Al Quran secara baik dan benar.

DPD Pertuni Aceh dengan donasi relatif terbatas, kini mengandalkan Junaidi, satu-satunya instruktur tunanetra ahli tulis baca Arab Braille Al Quran dari Dinas Sosial yang hanya mampu melatih 20 anggotanya di Banda Aceh dan Aceh Besar. Padahal, seperti diberitakan Serambi Indonesia, seribuan anggota Pertuni lainnya juga membutuhkan pelatihan sama.*
Sumber

Bagikan artikel ini ke : Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Filed in: Umum