4:00 pm - Thursday September 18, 6504

Bacalah al-Quran Sebelum Kau Tidak Sempat Membacanya

Segala puji bagi Alloh yang telah menurunkan al-Qur’an dan menjadikannya ketenangan dihati para pembacanya ,dan petunjuk bagi orang berakal serta pemberi syafaat bagi para sahabatnya.
Para pembaca yang dimuliakan Alloh.Ketika penulis membahas masalah ini.Penulis sedang terkena batuk-batuk sejak 5 hari yang lalu.Batuk yang bagi penulis sangat aneh dan belum pernah dialami sebelumnya.Bila batuk biasanya hanya beberapa kali atau ini sudah berlarut sekitar 5 hari.Sangat menyiksa.Ketika mengajar tiba-tiba batuk panjang.Ketika Murojaah (mengulang hafalan) juga tersendat karena batuk panjang.
Di antara kaidah yang penulis tetapkan bagi para penghafal al-Qur’an adalah “Bacalah dan ulang-ulanglah hafalan al-Qur’an selagi sempat,luang dan sehat sebelum tibanya masa dimana kita tidak luang,tidak sempat dan tidak sehat yang menghalangi setiap hamba untuk membaca,menghafal atau mengulang hafalan al-Qur’annya“.

Inilah yang terjadi saat ini.Ketika sehat ,penulis banyak mengulang-ulang hafalan dalam sehari.Ketika dulu luang (belum sibuk) penulis mampu mengulang-ulang hafalan 5 juz perharinya dan kadang-kadang 10 juz /hari berurut sampai 30 Juz.Sebelum inipun,tepatnya dua pekan yang lalu penulis terbaring lemas selama sepekan karena penyakit aneh yang belum pernah terjadi sebelumnya.Lemas,hilang tenaga,sakit kepala dan nyeri punggung.Mungkin typus atau sejenisnya.Itupun menghalangi untuk membaca dan mengulang-ulang hafalan.
Ketika sibuk itu datang dan sehat itu pergi,barulah kita teringat “mengapa ketika sehat,ketika luang saya tidak membaca dan mengulang al-Qur’an lebih banyak”.
Meski demikian penulis masih bersyukur karena ketika sehat masih mampu murojaah berjuz-juz hafalan al-Qur’an setiap harinya.Bandingkan dengan mereka yang jauh dari al-Qur’an.Ketika sehat tidak membaca dan murojaah al-Qur’an apalagi ketika sakit atau sibuk.Wal iyyadzu billah.
Pertanyaannya,bagaimanakah dengan anda ketika sehat,ketika luang???
Untuk itu hendaknya kita memanfaatkan waktu sehat kita dengan membaca dan mengulang-ulang hafalan al-Qur’an kita sebanyak dan semaksimal mungkin sebelum tibanya masa sakit yang membuat kita tidak bisa membaca apalagi mengulang-ulang hafalan al-Qur’an.
Inilah pesan Sang Nabi yang mulia :
يَا عَبَّاس يَا عَمَّ رَسُول الله سَلْ الله الْعَافِيَةْ فِي الدُّنْيَا والْأخِرَةِ 
“Wahai Abbas,wahai paman Rosululloh,mintalah kepada Alloh kesehatan di dunia dan akhirat”
(HR.Ahmad 1794)
Berdo’alah agar diberi kesehatan dan semangat untuk membaca dan mengulang-ulang hafalan al-Qur’an anda.
Bagikan artikel ini ke : Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Filed in: Umum