8:19 am - Sunday October 13, 2019

Temuan Struktur Tahan Gempa dari al-Qur’an

Temuan Struktur Tahan Gempa dari al-Qur’an

Tak henti-hentinya mahasiswa menorehkan prestasi. Salah satunya, I Made Bayu dan Lutfiyana Eka yang berinovasi dalam sistem struktur tahan gempa.

Uniknya, mereka berdua terinspirasi dari Al Quran Surah Al Ankabut ayat 14 – 15 dan berhasil meraih juara dua Lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Regional (MTQ-MR) di Jember.

Bayu, sapaannya, melihat fakta bahwa Indonesia sering terkena bencana gempa bumi. Banyak pula bangunan yang rusak oleh bencana yang disebabkan pergeseran lempeng bumi ini.

“Berdasarkan data tahun 2017, terdapat 47.442 rumah rusak. Kemudian kami mencari tahu cara yang tepat untuk menangani masalah ini,” jelasnya yang dilansir dari website ITS, Jumat (31/8/2018).

Dikatakan Bayu, terdapat pelajaran dari surah Al Ankabut ayat 14 – 15 yang menjadi inspirasinya. Tuhan memberi bencana banjir, namun juga memberi solusi berupa bahtera.

”Kami membuat inovasi Seismic Geometric Ring Fuse sebagai bahtera dari bencana gempa,” ucap mahasiswa Teknik Infrastruktur Sipil ITS ini.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, Seismic Geometric Ring Fuse ini dapat meminimalisir kerusakan material akibat gempa bumi. Adapun kombinasi dari Bracing X dan geometri islami pada inovasi ini menjadikan bangunan lebih kokoh ketika ada gempa bumi.

Karya di bawah bimbingan dosen Drs Zainul Muhibbin M Fil I ini memiliki banyak kelebihan. Selain berbeda dengan inovasi sebelumnya, inovasi ini memang ditujukan untuk masyarakat Indonesia.

“Inovasi ini bisa diterapkan pada bangunan dan rumah yang sudah terbentuk atau Existing Building. Sehingga penerapannya lebih gampang dan fleksibel,” ungkap Bayu.

Tak hanya itu, inovasi ini lebih praktis dari inovasi bangunan tahan bencana sebelumnya. Materialnya menggunakan baja ringan sehingga lebih kuat, murah, dan cepat dalam pemasangan. Ketika Seismic Geometric Ring Fuse ini disimulasikan, sistem ini terbukti membuat bangunan lebih kuat, seimbang dan stabil.

Bayu menambahkan Masyarakat Indonesia punya harapan besar kepada mahasiswa ITS untuk berinovasi dalam hal bangunan tahan gempa.

“Yakni selalu mengembangkan struktur bangunan tahan gempa dan jangan pernah menyerah dalam berkarya. Semangat berprestasi,” pungkasnya. (Okezone)

Bagikan artikel ini ke : Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Filed in: Quran, Sains