4:00 pm - Wednesday September 18, 8830

Tips Cepat Khatam al-Qur’an dalam sebulan Ramadhan

Bulan Romadhon adalah bulan penuh berkah.Di dalamnya semua amalan ibadah dan kebaikan dilipatgandakan ganjaran oleh Alloh Azza wa Jalla.
Diantara amalan yang sering dikerjakan dan dikejar oleh umat Islam adalah target khotam atau selesai membaca al-Qur’an 30 juz dalam sebulan.

Membaca Al Quran bagaimanapun akan mendatangkan kebaikan

 عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ ».

“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Ini Tips Terbaik mengkhotamkan al-Qur’an dari pengalamana penulis :


1.Sebaiknya menggunakan mushaf al-Qur’an cetakan madinah/Timur-tengah atau al-Quran pojok yang membagi 1 juz = 10 lembar kecuali juz 30.
2.Siapkan terjemahan al-Quran Cet.Saudi bila ada.Bila tidak ada gunakan yang lain.

Jadi,kita bukan hanya akan membaca namun juga akan menyempatkan diri mengaruhi butir-butir faedah dan pelajaran dari ayat-ayat al-Qur’an.

Target 1 Juz Sebulan
Subuh
Sebelum
2 halaman
Setelah
2 halaman
Zhuhur
Sebelum
2 halaman
Setelah
2 halaman
Ashor
Sebelum
2 halaman
Setelah
2 halaman
Maghrib
Sebelum
2 halaman
Setelah
2 halaman
‘Isya’
Sebelum
2 halaman
Setelah
2 halaman

*Bila Anda berhalangan disalah satu waktu sholat,misalnya tidak sempat di Sholat Subuh maka polanya  diubah dari 2-2 halaman menjadi ——-> 2,5-2,5 halaman.

Bila Anda masih memiliki waktu maka sempatkanlah membaca terjemahan al-Qur’an,insya Alloh akan banyak manfaatnya.Seperti pelajaran dari kisah-kisah terdahulu.Saya pun ketika remaja suka membaca ‘khotam’ terjemahan al-Qur’an.Ketika membacanya terutama kisah-kisah maka saya merasakan seolah-olah kembali ke masa lalu ,berada ditengah kaum yang diceritakan Alloh dalam al-Qur’an.Sebuah pengalaman yang luar biasa.
Bagikan artikel ini ke : Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
Filed in: Umum